StatCounter

View My Stats

Minggu, 05 Juni 2011

WORKSHOP (E-JOURNAL)


WORKSHOP (E-JOURNAL)
BALITBANG KP


Pekembangan teknologi diera digitalisasi, khususnya perkembangan Internet yang semakin pesat sesuai dengan perkembangan Informasi yang tersedia secara baik. Untuk mempermudah dalam pencarian atau penelusuran artikel Jurnal, dapat menggunakan fasilitas pencarian.
Dalam pencarian juga dapat melalui link – link yang telah disediakan. Fasilitas ini digunakan untuk memilih dan memindahkan menu – menu yang diketahui secara detail dari masing – masing menu. Menu ini disediakan untuk mempermudah user dalam pencarian lebih tepat dan sesuai kebutuhan user.
 Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) menyediakan sarana pencarian artikel, mulai bentuk format bibliografi, abstrak sampai dengan artikel lengkapnya (full text). Sampai dengan April 2010, sudah terkumpul lebih dari 63.000 artikel dari sekitar 4.800 jurnal yang telah terakreditasi, baik oleh DIKTI maupun LIPI, yang siap diakses dalam situs ISJD. Masih ada lebih kurang 200.000 artikel dari sekitar 7.000 jurnal yang belum ditampilkan tetapi akan terus diupayakan agar dapat segera diakses melalui situs ISJD. Namun demikian proses untuk mewujudkan hal tersebut membutuhkan waktu dan pelaksanaan secara bertahap.
Akses pencarian artikel dalam ISJD dapat dilakukan dengan mengakses alamat http://jurnal.pdii.lipi.go.id. Selanjutnya dalam halaman tersebut akan tampil kolom pencarian artikel yang dapat diisi berdasarkan kebutuhan pencarian, seperti: judul, pengarang dan kata kunci (keyword).
Menu – menu yang digunakan dalam pencarian artikel jurnal:
·         Menu Cari
Digunakan untuk mencari artikel jurnal, yaitu dengan memasukkan kata dari ketiga pilihan kategori pencarian Judul, pengarang dan keyword




·         Download File
Download dapat dilakukan oleh seluruh user. Metadata yang disertakan filenya, akan tampak pada form metadata halaman paling bawah. Untuk mendownload, klik icon download file. Isinya memuat lebih dari 60.000 artikel jurnal akan tetapi baru 70% artikel yang dapat didowload file secara gratis. Selain pencarian berdasarkan judul, pengarang dan kata kuncinya, dapat dilakukan pula pencarian berdasarkan bidang, penerbit, dan jurnal.
·         Menu Bidang
Menu ini digunakan untuk mencari artikel berdasarkan bidang.
·         Menu Jurnal
Menu ini digunakan untuk mencari artikel berdasarkan nama jurnal yang kita butuhkan.
·         Menu Statistik
Menu ini digunakan untuk mengetahui artikel yang paling banyak dibaca oleh pengunjung.
·         Menu ISSN ONLINE
Untuk mempermudah pendaftaran ISSN, disediakan sarana ISSN online. Dalam menu ini tersedia informasi lengkap mengenai ISSN dan prosedurnya.
·         Menu Direktori Jurnal
Direktori ini berisi informasi lengkap dari judul hingga status akreditasi majalah - majalah Indonesia dari semua bidang ilmu yang telah diterbitkan Direktori ini dimaksudkan untuk mengetahui peta penerbitan majalah ilmiah di Indonesia. Untuk menemukan majalah dalam pangkalan data ini, silakan menggunakan judul, ISSN, nama penerbit (dalam bahasa Indonesia atau Inggris) atau subyek majalah dalam kotak penelusuran.
·         Menu Akreditasi
Halaman ini berisi daftar jurnal ilmiah yang terakreditasi, pedoman dan persyaratan dalammengajukan akreditasi jurnal ilmiah Indonesia. Pengembangan selanjutnya diharapkan akreditasi secara on-line dapat dilakukan dalam sistem ini.





·         Menu DSS Jurnal
Sistem pendukung keputusan (DSS, decision support system) IPTEK berbasis jurnal ilmiah dikembangkan untuk mengukur produktivitas jurnal yang dihasilkan. Sistem ini sangat bermanfaat bagi penentu kebijakan di bidang IPTEK karena mampu memberikan informasi tentang kondisi penelitian yang, sudah dipublikasikan dan dikomunikasikan melalui jurnal. Melalui sarana DSS diharapkan dapat dipetakan produktivitas dari lembaga penelitian, penulis, dan bidang keilmuan dalam menghasilkan jurnal ilmiah dapat terlihat. Pada menu DSS Jurnal ketik kata yang ingin dicari pada kolom search, contoh : ketik Tango maka akan tampil.
·         Menu Thesaurus Online
Thesaurus adalah kosa kata yang terkendali tetapi dinamis. Menu ini berisi daftar istilah yang digunakan sebagi kata kunci (keyword). Sistem Thesaurus yang ada masih prototype, mengingat konten yang ada belum sepenuhnya dimasukkan di sistem ISJD, diharapkan pada tahun 2012 prototype ini dapat terwujud
·         Menu Sitasi Indeks
Sistem indeks dikembangkan untuk melihat sejauh mana artikel yang sudah dihasilkan telah dimanfaatkan dengan cara menulis tulisan tersebut. Sehingga dengan adanya sistem ini dapat diketahui ketermanfaatan dan efektivitas dari setiap artikel dalam jurnal ilmiah yang telah dihasilkan. Selain itu data sitasi ini juga menjadi dasar dari perhitungan impact factor suatu jurnal yang kini menjadi alat ukur yang paling populer untuk mengevaluasi suatu jurnal dalam bidangnya.




Tidak ada komentar: