StatCounter

View My Stats

Kamis, 09 April 2009

Artikel

PENELUSURAN INFORMASI: sebuah pengenalan
Oleh Arif Surachman
Diterbitkan oleh Darwanto

PENDAHULUAN
Salah satu hal penting yang menjadi bagian tak terpisahkan dari sebuah perpustakaan adalah adanya proses temu kembali informasi, dimana secara spesifik juga akan menyangkut penelusuran informasi. Temu kembali informasi sendiri merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyediakan dan memasok informasi bagi pemakai sebagai jawaban atas permintaan atau berdasarkan kebutuhan pemakai (Sulistyo-Basuki, 1992). “Temu balik informasi” merupakan istilah generic yang mengacu pada temu balik dokumen atau sumber atau data dari fakta yang dimiliki unit informasi atau perpustakan. Sedangkan penelusuran informasi merupakan bagian dari sebuah proses temu kembali informasi yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pemakai akan informasi yang dibutuhkan, dengan bantuan berbagai alat penelusuran dan temu kembali informasi yang dimiliki perpustakaan / unit informasi.
Penelusuran informasi menjadi penting karena “ruh” atau “nyawa” dari sebuah layanan informasi dalam unit informasi atau perpustakaan adalah bagaimana memenuhi kebutuhan informasi yang diminta pemakai, bagaimana menemukan informasi yang diminta pemakai, dan bagaimana memberikan “jalan” kepada pemakai untuk menemukan informasi yang dikehendaki. Proses penelusuran informasi menjadi penting untuk menghasilkan sebuah temuan atau informasi yang relevan, akurat dan tepat. Proses dan penggunaan alat yang tepat akan menghasilkan informasi yang tepat pula.
TIPE PENELUSURAN
Dari pola telusurnya, penelusuran dapat dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu:
1. Telusur dokumen: penelusuran dimulai dengan identifikasi dokumen dan / atau sumber, baru dari sini dihasilkan informasi aktual.
2. Telusur informasi: penelusuran dimulai dengan informasi yang diperoleh dari bank data, kumpulan data, atau perorangan.
Selain itu sebetulnya dilihat dari cara dan juga alat yang digunakan, maka penelusuran dapat pula dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu:
1. Penelusuran Informasi Konvensional: penelusuran yang dilakukan dengan dan melalui cara-cara konvensional/manual seperti menggunakan kartu catalog, kamus, ensiklopedi, bibliografi, indeks, dan sebagainya.
2. Penelusuran Informasi Digital: penelusuran yang dilakukan dengan dan melalui media digital atau elektronik seperti melalui OPAC (Online Public Access Catalog), Search Engine (di Internet), Database Online, Jurnal Elektronik, Reference Online, dan informasi lain yang tersedia secara elektronik/digital.
Namun pada layanan penelusuran informasi, pembedaan tersebut seringkali diabaikan dikarenakan banyak pemakai yang memilih menggunakan berbagai cara untuk memperoleh apa yang dikehendaki. Bahkan seringkali terjadi penelusuran informasi menggunakan kombinasi dari perangkat penelusuran konvensional dan digital untuk mendapatkan data atau informasi setepa mungkin.



TAHAPAN PENELUSURAN INFORMASI
Berikut ini sekilas ilustrasi proses penelusuran sebuah informasi oleh pemakai unit informasi / perpustakaan.








Beberapa Hal Penting dalam Penelusuran
1. Kunci Telusur yakni merupakan karakteristik informasi atau dokumen yang dapat digunakan untuk keperluan telusur dan pemilihan dokumen / informasi. Sebagai contoh adalah data atau informasi kebutuhan yang diberikan oleh pemakai seperti subyek, nama penulis, judul, tahun terbit, geografis, dan sebagainya.
2. Pencatatan Pertanyaan, merupakan sebuah prosedur yang akan membantu penelusur dalam proses penelusuran terutama untuk keperluan:
a. Menghindari pengulangan penelusuran
b. Bahan evaluasi temu balik informasi, termasuk analisis prosedur yang digunakan dan efektifitasnya
c. Identifikasi kebutuhan informasi dan dokumen
d. Pencatatan pertanyaan yang diajukan pemakai
e. Memahami bahasa dokumenter dari pemakai, misal ada pemakai yang memakai istilah kera namun dalam perpustakaan dikenal sebagai macacaicus.
f. Evaluasi Pemakai
3. Alat Telusur, yakni merupakan alat yang digunakan sebagai sarana untuk proses penelusuran informasi / dokumen.
ALAT / SUMBER PENELUSURAN INFORMASI
Untuk melakukan penelusuran maka diperlukan berbagai alat dan / atau sumber informasi seperti terlihat dalam table beriku ini:
No Alat / Sumber Informasi / Dokumen yang dihasilkan
1 Katalog Perpustakaan Koleksi Bahan Pustaka: Buku, Terbitan Berkala, Laporan, Hasil Konferensi, Koleksi Audio-Visual
2 Bibliografi Buku Buku, Laporan, Prosiding, dan terbitan monografi lainnya
3 Abstrak dan Indeks Jurnal Artikel Jurnal, Laporan, Paper Konferensi, Beberapa Buku
4 Current Awareness Services Artikel Jurnal,Terbitan Berkala Lainya
5 Indeks Khusus Laporan, Hasil Konferensi, Thesis, Patents, Standard, Publikasi yang diterbitkan lembaga tertentu
6 Institusi dan Orang Hampir semua jenis informasi / dokumen
7 CD-ROM dan Media Rekam Lainnya Hampir semua jenis informasi / dokumen
8 Internet / Online Databases Berbagai bentuk karya digital seperti e-journal, e-books, e-articles, dan sebagainya.

TEKNIK PENELUSURAN INFORMASI
Berikut ini adalah beberapa contoh teknik penelusuran informasi / dokumen di perpustakaan:
1. Penelusuran Informasi melalui Katalog
Teknik penelusuran menggunakan katalog perpustakaan ini biasanya difokuskan untuk menemukan sebuah kode atau angka klasifikasi yang akan menuntun pemakai ke dalam sumber informasi / koleksi perpustakaan yang dibutuhkan. Pemakai akan diarahkan kepada jajaran koleksi perpustakaan. Pemakai atau staf dapat menelusur melalui 3 entri penting yakni berdasarkan judul, pengarang dan / atau subyek. Berikut secara ringkas dapat diberikan ilustrasi diagram alur penelusuran informasi melalui katalog.











2. Penelusuran Informas melalui Bibliografi
Teknik ini mirip dengan katalog, hanya bibliografi cakupannya lebih luas lagi yakni tidak hanya berupa koleksi yang dimiliki perpustakaan akan tetapi juga di luar perpustakaan. Teknik penelusuran ini memanfaatkan daftar bahan pustaka baik yang berupa buku, jurnal maupun sumber lainnya untuk menelusur lebih jauh informasi dan sumber informasi aslinya. Berikut ini adalah alur proses penelusuran informasi melalui bibliografi.










Secara mudah sebetulnya bibliografi ini akan dapat dilihat dalam sebuah karya tulis atau bahan pustaka, biasanya pada bagian akhir. Namun ada juga yang tercetak dalam sebuah buku bibkiografi seperti bibliografi nasional Indonesia.

3. Penelusuran Informasi melalui Indeks
Indeks sering diartikan sebagai daftar istilah penting yang terdapat dalam sebuah karya tulis / bahan pustaka yang disusun secara alphabetis. Indeks ini akan memudahkan orang dalam melakukan penelusuran informasi, karena dapat membawa penelusur kepada sumber informasi secara langsung. Indeks ini dapat berupa bagian dari sebuah karya tulis / bahan pustaka dan dapat pula berupa buku yang diterbitkan khusus. Misal, indeks majalah dan atau surat kabar.
Beberapa contoh pemanfaatan indeks:
a. Indeks dalam buku-buku ilmiah
b. Buku Indeks
c. Indeks (artikel) majalah
d. Majalah indeks
e. Indeks surat kabar
f. Indeks makalah
g. Indeks khusus lainnya
4. Penelusuran Informasi melalui Abstrak
Hal yang membedakan antara indeks dan abstrak adalah indeks hanya sampai pada informasi kepada penunjukkan tempat suatu informasi disimpan, sedangkan abstrak di samping menunjukkan tempat informasi, juga memuat ringkasan informasi dari subyek yang ada. Dan secara definitive, abstrak merupakan pemadatan dari sebuah karya seperti laporan penelitian, artikel majalah/jurnal, prosiding, dan lain-lain. Abstrak yang biasanya dikumpulkan sesuai dengan subyek atau kekhususan informasinya dan disusun secara alphabetis juga.

5. Penelusuran Informasi melalui Kamus & Ensiklopedi
Kamus biasanya digunakan untuk mencari informasi singkat tentang ejaan, etimologi, batasan/definisi, pengucapan, padanan kata, pembagian suku kata, dan informasi gramatika. Kamus ini biasanya juga disusun secara alphabetis sehingga memudahkan pemakai dalam menelusuri informasi yang diinginkan.
Ensiklopedi merupakan alat telusur yang sejenis dengan kamus, hanya ensiklopedi biasanya memuat informasi yang lebih lengkap dan biasanya tidak hanya memberikan arti, padanan, maupun ejaan akan tetapi juga dapat membahas lebih dalam lagi seperti sejarah, dan keterangan lainnnya. Biasanya juga ensiklopedi ini disusun secara alphabetis dan berseri / volume.
6. Penelusuran Informasi melalui Jaringan Informasi Perpustakaan
Jaringan informasi perpustakaan adalah salah satu alat yang dapat memberikan solusi kepada pemakai untuk mencari informasi secara lebih luas. Jaringan menjadi penting karena akan membentuk sebuah jejaring informasi yang luas, terintegrasi dan lebih lengkap. Sharing informasi menjadi kekuatan dari alat telusur ini, dan saat ini sudah semakin mudah dengan adanya teknologi informasi yang dapat membentuk sebuah jaringan informasi online.
7. Penelusuran Informasi melalui Komputer dan Internet
Perkembangan teknologi informasi khususnya komputer telah membawa kemudahan tersendiri dalam proses penelusuran informasi. Pemakai / pengguna dan staf perpustakaan mempunyai kesempatan lebih untuk mendapatkan informasi baik berupa informasi tercetak maupun digital. Apalagi dengan adanya internet, pemakai dan staf perpustakaan dimanjakan untuk meraih lebih besar lagi informasi yang dibutuhkan dari berbagai unit informasi / perpustakaan di seluruh dunia.
Penelusuran informasi melalui komputer dan media internet telah membawa orang untuk menembus batasan-batasan yang semula ada pada teknik penelusuran informasi secara manual / konvensional. Melalui OPAC, Search Engine, Database Online dan fasilitas lainnya pemakai perpustakaan akan lebih mudah mendapatkan informasi yang dikehendaki, dengan jenis dan macam yang cakupannya lebih luas lagi.
8. Penelusuran informasi melalui media lain
Ada banyak alat bantu penelusuran yang dapat dimanfaatkan oleh pemakai dan staf perpustakaan dalam mendapatkan informasi, meskipun alat-alat bantu tersebut tidak secara spesifik berfungsi sebagai alat penelusuran informasi. Misalnya brosur, pamlet, atlas, globe, peta, direktori, buku pedoman, buku tahunan, dan lain-lain.
PENUTUP
Terdapat banyak cara atau teknik untuk mencari informasi di perpustakaan, dan penjelasan di atas adalah beberapa yang sering digunakan dan menjadi standar dalam pelayanan penelusuran informasi di perpustakaan.
Pada prinsipnya penelusuran informasi merupakan sebuah proses pengidentifikasian, pencarian, penyediaan dan pemberian informasi atas kebutuhan atau permintaan pemakai unit informasi dan atau perpustakaan. Keberhasilan sebuah penelusuran informasi ditentukan oleh beberapa hal:
1. Kejelasan dalam identifikasi kebutuhan informasi yang disampaikan oleh pemakai
2. Ketepatan dalam menggunakan berbagai alat / sumber penelusuran
3. Ketepatan dan kecermatan dalam melaksanakan dan menggunakan prosedur penelusuran
4. Kecermatan dalam menentukan analisa hasil penelusuran informasi.
5. Ketekunan dalam menggunakan berbagai cara dan teknik penelusuran.

DAFTAR PUSTAKA
Ebsco Tutorial. http://support.epnet.com/training/tutorials.php diakses tanggal 01 Maret 2007.
Gash, Sarah. 2000. Effective Literature Searching for Research. Second Edition. Hampshire: Gower
Lasa HS. 2004. Penulisan Bidang Pusdokinfo Seri F: Literatur Sekunder. Yogyakarta: UGM.
Proquest Training. http://www.il.proquest.com/products_pq/training/ diakses tanggal 01 Maret 2007.
Yusuf, Pawit M. 1988. Pedoman mencari sumber informasi. Bandung: Remadja Karya
LATIHAN PENELUSURAN DIGITAL/ELEKTRONIK

1. EBSCOHOST
EBSCOhost Research Databases merupakan sebuah sistem referensi dan informasi ilmiah yang dapat diakses secara online melalui internet. Ebsco ini menyediakan akses ke berbagai database yang menyediakan informasi ilmiah dalam bentuk fulltext maupun sekedar informasi bibliografis dalam berbagai bidang ilmu. Saat ini Ebsco cukup banyak digunakan (dilanggan) oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia, diantaranya Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, dan sebagainya.
Ada berberapa macam database dalam Ebscohost, diantaranya adalah Academic Search Premier, Biomedical Reference Collection, dan Business Source Premier.
• Academic Source Premier: Merupakan database akademis untuk multidisiplin yang menyediakan kurang lebih 4, 650 terbitan berkala. Database ini diperbarui setiap hari melalui EBSCOhost.
• Biomedical Reference Collection: Database bidang kedokteran yang didesain untuk dokter, peneliti, mahasiswa, ahli klinis, dan manajer. Database ini setidaknya menyediakan 900 jurnal full text.
• Business Source Premier: Database yang diperuntukkan bagi penelitian bidang bisnis dan ekonomi yang memberikan akses ke dalam lebih dari 8.800 terbitan berkala. Database ini mencover seluruh bidang dalam bisnis termasuk pemasaran, manajemen, sistem informasi manajemen, POM, akuntansi, keuangan, dan ilmu ekonomi. Database ini diperbaharui setiap hari melalui EBSCOhost.
Berikut ini adalah beberapa pedoman singkat bagi penelusuran informasi ilmiah menggunakan database Ebsco.
Permulaan Akses
• Untuk mengakses database Ebsco kita dapat menggunakan alamat http://search.ebscohost.com. Akan tampil halaman awal pilihan layanan Ebsco yang dilanggan.
• Pilih layanan yang sesuai, misal EBSCOhost Web. Selanjutnya akan tampil halaman pilihan Database.
• Pilih database yang sesuai dengan bidang kita dengan memberi tanda pada checkbox yang tersedia di sebelah kiri. Misal untuk bidang Kedokteran Hewan, pilih Academic Search Premier atau Biomedical Reference. Klik Continue. Selanjutnya akan tampil halaman penelusuran “Advanced Search”
• Mulai melakukan penelusuran.
Advanced Search
Melalui Advanced Search kita dapat melakukan penelusuran menggunakan beberapa field sekaligus, search history dan juga pembatas untuk memfokuskan penelusuran.
Langkah-langkah penelusuran
1. Pada Tab Menu Toolbar, klik Advanced Search. Selanjutnya akan menampilkan layer Advanced Search.
2. Pada Field Find, ketikkan kata kunci yang ingin dicari. Lihat contoh pada gambar 1.
Gambar 1. Tampilan Layar Penelusuran menggunakan Advanced Search

3. Pilih field pada menu drop-down (misal., cari hanya pada Subject Term field).
4. Ulangi langkah 2 dan 3 pada baris kedua.
5. Pilih operator Boolean (AND, OR, NOT) untuk menggabungkan dua kata kunci yang dimasukaan dalam field Find.
6. Gunakan pembatas (Limiters) untuk mengarahkan pencarian:
• Full Text – membatasi hasil penelusuran hanya untuk artikel full text.
• Publication – membatasai hasil penelusuran untuk artikel dari nama publikasi tertentu.
7. Gunakan Expanders untuk meningkatkan penelusuran:
• Also search within the full text of the articles – memperluas hasil penelusuran dengan menemukan kata-kata didalam artikel full text.
• Automatically "And" search terms – memperluas hasil penelusuran melalui operator AND antara dua kata (terms).
• Also search for related words – memperluas hasil penelusuran termasuk didalamnya sinonim dan plurals.
8. Klik Search. Selanjutnya akan terlihat daftar hasil penelusuran (lihat pada gambar 2)
Gambar 2. Tampilan Hasil Penelusuran

Basic Search
Langkah-langkah penelusuran:
1. Masukan keyword dalam field Find dan pilih beberapa limiters atau expanders yang mungkin ingin kita gunakan dalam penelusuran. Operator Boolean dapat juga digunakan dalam penelusuran ini. Untuk membersihkan field Find gunakan Clear. Untuk menset ulang limiters/expanders pada nilai defaults, klik tombol Reset.

2. Klik Search. Hasil penelusuran akan ditampilkan. Untuk mencetak, mengirim melalui e-mail, atau menyimpan hasil penelusuran, perlu digunakan add folder.

Beberapa tips penelusuran melalui EBSCO

• Gunakan (pilih) single database (misal: Academic Search Premier) untuk mempercepat akses dan menampilkan sub menu seperti publication, subject term, indexes, dan sebagainya.
• Gunakan kalimat atau kata-kata yang simple dan langsung pada subyek untuk mempercepat hasil yang diharapkan.
• Gunakan operator Boolean seperti AND, OR atau NOT.
o AND  menggabungkan dua keyword penelusuran dimana membatasi hasil penelusuran berisi kedua kata tersebut. Contoh, Avian AND Influenza akan menemukan artikel yang berisi kedua kata tersebut.
o OR  menggabungkan dua keyword penelusuran dimana hasil penelusuran setidaknya salah satu dari kata tersebut. Contoh, Avian OR Influenza akan menemukan salah satu dari kata tersebut.
o NOT  hasil penelusuran tidak akan menyertakan keyword yang mengikuti kata sebelumnya, misal Avian NOT Influenza, maksudnya adalah menemukan artikel yang berhubungan dengan Avian tapi bukan yang Influenza.

• Gunakan Wildcard (?) atau simbol Truncation (*) untuk mencari kalimat yang kita belum yakin tahu.
o Wildcard (?)  misalkan ketik ne?t maka akan mencari semua kutipan yang berisi neat, nest atau next. Wilcard ini hanya menggantikan sebuah karakter tunggal saja. Sehingga dalam kasus ini maka kata net tidak termasuk dalam pencarian.
o Truncation (*)  misalkan ketik comput*, maka akan mencari semua kata yang berawalan comput seperti computer atau computing.

• Gunakan Limiters / Expander untuk menghasilkan hasil terbaik sesuai dengan keinginan kita.
• Gunakan juga tanda quotation (“) apabila diperlukan untuk menelusur artikel dalam rangkaian keyword yang diinginkan. Misal “Avian Influenza”, maka penelusuran akan diutamakan pada frasa Avian Influenza sebagai satu kesatuan
• Gunakan juga fasilitas tambahan seperti Subject Term, Publication atau Indexes untuk mencari artikel menggunakan Daftar Subjek dari Thesaurus, Daftar Publikasi/jurnal, atau Indeks kata. Catatan: fasilitas tambahan subject term, publication, dsbnya akan tampil apabila kita menggunakan pilihan single database.
Contoh tampilan pada fasilitas Publication

Contoh tampilan pada fasilitas Subject Terms


2. .PROQUEST

ONLINE DATABASE - PROQUEST
Database Proquest dapat diakses melalui alamat http://proquest.umi.com/login/. Proquest ini hanya dapat diakses melalui jaringan intranet Universitas Gadjah Mada. Untuk mengakses dari luar UGM diperlukan user id dan password. Hal ini dikarenakan untuk dapat mengakses database ini, sebuah institusi atau perorangan harus berlangganan dan membayar biaya akses selama 1 tahun.
Proquest saat ini mencakup beberapa database yakni:
1. Academic Research Library untuk Interdisciplinary
2. Proquest Medical Library untuk Medical Sciences
3. News untuk U.S. Nations Newspaper Abstract
4. Proquest Agriculture Journals dan Biology Journals untuk Sciences
5. Proquest Computing dan Telecomunications untuk Technology.
Fitur utama Proquest terbagi menjadi 5 bagian yakni Basic Search, Advanced Search, Topics, Publications, dan My Research.
• Basic Search digunakan untuk pencarian melalui keyword dengan metode sederhana yakni melakukan pengetikan pada form searching yang tersedia.
• Advanced Search digunakan untuk pencarian melalui keyword dengan metode BOOLEAN yang memungkinkan menggunakan beberapa spesifikasi keyword dalam penelusurannya.
• Topics digunakan untuk melakukan penelusuran dengan melalui “term topic” yang mungkin kita ketahui.
• Publications digunakan untuk melalukan penelusuran/pencarian melalui judul/nama jurnal yang kita inginkan.
• My Research digunakan sebagai tempat menyimpan sementara hasil pencarian kita.

Contoh halaman masing-masing fitur yang disediakan oleh Proquest dapat dilihat pada gambar berikut ini:.
BASIC SEARCH


ADVANCED SEARCH



TOPICS







PUBLICATIONS








MY RESEARCH








TAMPILAN DOKUMEN FULLTEXT



LANGKAH-LANGKAH PENELUSURAN MENGGUNAKAN PROQUEST
1. BASIC Search
Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan penelusuran menggunakan fasilitas BASIC Search Proquest:
a. Ketikkan alamat database Proquest pada Browser (Internet Explorer/ Firefox) yakni http://proquest.umi.com/login
b. Akan tampil halaman standard Pencarian Proquest atau yang disebut BASIC Search
c. Ketikkan dalam form penelusuran yang tersedia, keyword (kata kunci) yang akan kita cari misal: Conflict Resolution
d. Pilih Database yang kita inginkan (sesuaikan dengan topic yang kita pilih), atau kita dapat biarkan posisi database pada Multiple Database.
e. Tentukan batasan tanggal/waktu dari artikel yang akan kita cari misal 7 hari terakhir, 1 bulan terakhir, dan seterusnya
f. Pilih batasan hasil artikel/paper yang akan kita cari, apakah fulltext saja atau tidak? Jika iya beri tanda dengan men”centang”nya (mengklik pada kotak box).
g. Setelah itu KLIK pada tombol SEARCH yang tersedia.
h. Tunggu sampai keluar hasil yang berupa daftar artikel pada layar computer kita.
i. Pilih dan beri tanda artikel yang kita pilih, klik pada bagian MY Research apabila ingin melihat hasil pilihan kita atau teruskan pencarian yang lain.

2. ADVANCED Search
Berikut ini adalah pencarian menggunakan ADVANCED Search:
a. Dari menu utama (standard) klik tombol Advanced pada Menu Proquest.
b. Selanjutnya akan tampil halaman Advanced Search dengan beberapa pilihan BOOLEAN.
c. Ketikan beberapa keyword (kata kunci) sesuai yang kita inginkan pada form dan gunakan BOOLEAN yang tersedia. Misal Conflict Resolution, lalu pada baris kedua OR Peace building, lalu AND Mediation.
d. Selanjutnya lakukan langkah yang sama pada langkah (d) sampai dengan (i) BASIC Search

3. TOPICS
Selanjutnya kita dapat juga melakukan pencarian menggunakan kosa kata atau istilah yang biasa digunakan (topic). Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
a. Dari menu utama Proquest, klik bagian TOPIC.
b. Selanjutnya akan tampil halaman penelusuran topic.
c. Ketikkan kosa kata, istilah atau topic yang biasa kita temukan, misal SOCIAL CONFLICT, lalu klik Find Term
d. Selanjutnya akan ditampilkan berbagai term (kosa kata / istilah) yang ada kata SOCIAL dan kata CONFLICT
e. Kita dapat mengklik bagian View Document apabila kita ingin melihat artikel dengan topic yang berkaitan dengan TERM yang kita temukan
f. Atau kita dapat mengklik pada bagian NARROW untuk mencari topic lain yang berdekatan atau berkaitan dengan TERM yang kita cari.
g. Selanjutnya dari View document akan tampil daftar artikel, dan kita dapat memilih artikel yang sesuai dengan keinginan kita, dan pilihan kita akan tersimpan dalam My Research.
h. Untuk melihat isi artikel/paper yang telah kita pilih dan telusur kita dapat mengklik pada bagian My Research.
i. Selanjutanya kita dapat langsung mengklik pada bagian Abstract apabila ingin melihat abstract, bagian Fulltext apabila ingin melihat secara keseluruhan artikel, dan sebagainya.

4. PUBLICATIONS
Proses penelusuran menggunakan PUBLICATIONS pada prinsipnya hamper sama dengan TOPIC, hanya yang dicari adalah nama/judul Jurnal/Publikasinya. Kita akan melihat daftar publikasi yang ada dalam database Proquest dan melihat satu persatu isi dari masing-masing publikasi.


DAFTAR ALAMAT SUMBER-SUMBER ELEKTRONIK

E-JOURNAL
- AJMR Online Journals - http://aamr.allenpress.com/aamronline/?request=index-html
- AERA SIG Communication of Research - http://aera-cr.asu.edu/links.html
- Astrophysical Journal Online - http://www.journals.uchicago.edu/ApJ/
- Agronomy Journals - http://agron.scijournals.org/contents-by-date.0.shtml
- Bentham's Journal - http://www.ingentaconnect.com/content/ben;jsessionid=dc0akaofpppls.victoria
- Biochemical Journals - http://www.biochemj.org/
- Bioinformatic - http://bioinformatics.oupjournals.org/
- Blackwell Synergy: Journals List - http://www.blackwell-synergy.com/servlet/useragent?func=showHome
- The British Medical Journals - http://bmj.bmjjournals.com/
- Cambridge Journals Online - http://journals.cambridge.org/
- Canadian Journals of Anesthesia - http://intl.cja-jca.org/
- Cardiology Online Journal - http://www.cardiologyonline.com/journals.htm
- Case Gateway: Free Electronic Journals - http://case.leeds.ac.uk/journals.html
- Cell & Chromosome - http://www.cellandchromosome.com/home/
- The Chronicle of Higher Education - http://chronicle.com/
- Computational Mechanics (Akses gratis sampai April 2007) - http://www.springerlink.com/content/1432-0924/
- Demographic Research MPIDR Online Journal - http://www.demographic-research.org/
- Dermatology Online Journal - http://dermatology.cdlib.org/
- Diabetes Online Journals - http://care.diabetesjournals.org/
- Digital Library of USCF - Online Journal - http://www.library.ucsf.edu/collres/journals/
- Directory of Open Access Journals - http://www.doaj.org/
- Echocardiography Journals - http://www2.umdnj.edu/~shindler/echo.html
- Electronic Intelligence Weekly (LaRouche Publications) - http://larouchepub.com/eiw
- Electronic Journals and Periodicals in Psychology and Related Fields - http://psych.hanover.edu/Krantz/journal.html
- Electronic Journals from Institute of Physics Publishing - http://www.iop.org/EJ/
- the EMBO Journals - http://embojournal.npgjournals.com/
- eMedicine Clinical Knowledge Base - http://www.emedicine.com/
- Endocrinology Journals (Society of Endocrinology Journal) - http://www.endocrinology-journals.org/
- The European Journal of Open and Distance Learning - http://www.eurodl.org/
- The Examined Life (Jurnal Filsafat Online) - http://examinedlifejournal.com/index.shtml
- Faseb Journal ( Akses keseluruhan untuk terbitan sebelum bulan Mei 2004) - http://www.fasebj.org/contents-by-date.0.shtml
- Free Access Online Journal/Magazine/Newsletter - http://www.lib.upm.edu.my/onlinejour.html
- Free Full-Text Journals in Chemistry - http://www.abc.chemistry.bsu.by/current/trial.htm
- Free Online Journal of Life Sciences - http://www.rmit.edu.au/browse/Our Organisation/RMIT University Library/Guides and Tutorials/Free online e-journals for Life Sciences/
- Free Medical Journals - http://www.freemedicaljournals.com/
- Health Affairs - http://content.healthaffairs.org/contents-by-date.0.shtml
- HighWire Online Journals - http://highwire.stanford.edu/
- The Humana Journal Collection - http://www.humanapress.com/index.php?option=com_journalshome&Itemid=85
- ISI Journal Citation Reports - http://scientific.thomson.com/products/jcr/
- JAMA & Archives Journals - http://pubs.ama-assn.org/
- Journal ISTECS - Institute for Science and Technology Studies (ISTECS) - http://www.istecs.org/
- The Journal of the American College of Nutrition - http://www.jacn.org/
- The Journal of the American Medical Association - http://jama.ama-assn.org/
- Journal of Biological Chemistry - http://www.jbc.org/
- Journal of Biology - http://jbiol.com/home/
- Journal of Computer-Mediated Communication - dapat diakses fulltext - http://www.blackwell-synergy.com/loi/jcmc
- Journal of Forest Economics - http://www.sciencedirect.com/science/journal/11046899
- Journal of Educational Technology & Society - http://www.ifets.info/
- Journal of Medical Internet Research - http://www.jmir.org/
- Journal of the Eastern Asia Society for Transportation Studies - http://www.easts.info/on-line/journal.htm
- Journal of the Medical Library Association (JMLA) - http://www.pubmedcentral.nih.gov/tocrender.fcgi?action=archive&journal=93
- Journal of Online Behaviour - http://www.behavior.net/JOB/
- Journal of Postgraduate Medicine - http://www.jpgmonline.com/
- Journal of Terramechanics - http://www.sciencedirect.com/science/journal/00224898
- Journal on the Internet - The British Library, selected journals - http://www.britishlibrary.net/journals.html
- Jurnal Ekonomi Rakyat - http://www.ekonomirakyat.org/
- Jurnal Ilmu Tanah dan Lingkungan - diterbitkan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada - http://soil.faperta.ugm.ac.id/jitl.htm
- Kuru: Revista Forestal - Forestry journal - http://www.itcr.ac.cr/revistakuru/
- Language Learning & Technology - http://llt.msu.edu/
- Logic Journals of IGPL - http://www3.oup.co.uk/igpl/contents.html
- The New England Journal of Medicine - http://content.nejm.org/
- New Jour: Electronic Journals & Newsletters - http://gort.ucsd.edu/newjour/index.html
- Nursing World - Online Journal of Issues in Nursing - http://www.nursingworld.org/ojin/
- Oxford University Press Journals - http://www3.oup.co.uk/jnls/
- The Online Journal of Health and Allied Sciences - http://www.ojhas.org/
- Online Journal of Issues in Nursing - http://www.nursingworld.org/ojin/
- The Online Library Books and Journals - Questia" - http://www.questia.com/
- The Pharmateutical Journal - http://www.pharmj.com/
- The Philosophers' Magazine - http://www.philosophersnet.com/magazine/
- The Plant Cell - http://www.plantcell.org/
- Project Euclid journals (an initiative to advance effective and affordable scholarly communication in theoretical and applied mathematics and statistics by Cornell University Library) - http://projecteuclid.org/Dienst/UI/1.0/TitleShort/
- PubMed Central - http://www.pubmedcentral.nih.gov/
- Reno Libraries, University of Nevada: List of Free Electronic Journals - http://www.library.unr.edu/ejournals/Default.aspx
- The Royal Society (FREE online access to all content more than 2 (two) years) - http://www.pubs.royalsoc.ac.uk/
- Springer Free Journals - http://www.springer.com/east/home/life+sci?SGWID+5-10027-0-0-0
- Tesol and Linguistics: Electronic Journals - http://www.nceltr.mq.edu.au/resources/free.html
- Transactions of the ASAE - http://asae.frymulti.com/toc_volume.asp?volume=45&conf=t2002
- Australian Book Review from May 1997. (Table of contents and selected articles). - http://home.vicnet.net.au/~abr/
- Australian Defence Force Journal from number 125 July/August 1997. - http://www.defence.gov.au/publications/dfj/index.cfm
- Australian Economic Review from volume 30 number 1, March 1997. Full access from volume 37 number 1, March 2004. - http://ejournals.ebsco.com/journal2.asp?journalID=100810
- Australian Journal of Human Rights from volume 1 issue 1, 1994 to volume 8 issue 2, 2002. - http://www.austlii.edu.au/au/journals/AJHR/
- Australian Journal of Management from volume 16 number 1, June 1991. - http://www.agsm.edu.au/eajm/
- Dialogue from volume 17 number 3, 1998. Journal of the Academy of the Social Sciences in Australia. - http://www.assa.edu.au/publications/dial.asp
- Economic Roundup from Winter 1997. - http://www.treasury.gov.au/content/economic.asp?contentID=327&titl=Economic

E-BOOK
- The eScholarship Editions - University of California: art, science, history, music, religion, and fiction - http://content.cdlib.org/escholarship/
- FreeFullText - provides links to the full-text content of over 7000 scholarly periodicals that anyone may access online for FREE. - http://www.freefulltext.com/
- Project Gutenberg - http://www.gutenberg.org/
- Virginia's e-Book Library - Letters, Fiction, Literature - http://etext.lib.virginia.edu/ebooks/ebooklist.html
- Buku-buku Online - http://print.google.com/

E-REFERENCES
- Center for International Forestry Research (CIFOR) Newsletter - http://www.cifor.cgiar.org/scripts/newscripts/default.asp?ref=publications/corporate/cifornews.htm
- World newspapers index - http://www.newspaperindex.com/
- Comparison study of Indonesia and Inggris - http://www.angelfire.com/journal/e2i/
- Glossary of the Terms Used in Bioinorganic Chemistry - http://www.chem.qmul.ac.uk/iupac/bioinorg/
- IEC International Electrotechnical Vocabulary (IEV) - http://domino.iec.ch/iev/iev.nsf/Welcome?OpenForm
- Kamus Indonesia - Inggris - Prancis - http://www.kamus.web.id/
- Kamus Indonesia - Inggris - Belanda - http://www.kamus-online.com/
- Kamus Indonesia - Inggris by UGM - http://kamus.ugm.ac.id/english.php
- Kamus Indonesia - Spanyol - http://www.foreignword.com/dictionary/Indonesian/default.htm
- Kamus Indonesia - Belanda - http://home.wxs.nl/~hvhernen/
- Kamus Indonesia - Jerman - http://www.jot.de/kamus/
- Merriam-Webster Online - http://www.m-w.com/
- ODLIS - Online Dictionary for Library and Information Science - http://lu.com/odlis/
- 911 Encyclopedia
- Electronical Encyclopedia - http://www.1911encyclopedia.org/
- Encyclopedia Britannica - http://www.eb.com/
- Encyclopedia Zines - http://encyclozine.com/
- Free Online Encyclopedia - http://www.informationsphere.com/
- HighBeam™ Encyclopedia - http://www.encyclopedia.com/
- Macroreferences Encyclopedia - http://www.cam-info.net/enc.html
- Multiple Cross Reference - http://www.xrefer.com/
- Probert Encyclopedia - http://www.probert-encyclopaedia.co.uk/
- Routledge Encyclopedia of Philosophy Online - http://www.rep.routledge.com/
- Trivia Seekers - http://www.funtrivia.com/trivia.html
- World Book Encyclopedia - http://www.worldbook.com/
- CEUR Workshop Proceedings - http://sunsite.informatik.rwth-aachen.de/Publications/CEUR-WS/
- International Leadership Association (ILA) Conference Proceedings - http://www.academy.umd.edu/ila/conferences/proceedings/index.htm
- Materials Research Society (MRS) Proceedings - http://www.mrs.org/s_mrs/sec.asp?CID=1727&DID=38980
- On-line American Water Resources Association Proceedings - http://www.awra.org/proceedings/
- Proceedings of the Eastern Asia Society for Transportation Studies - http://www.easts.info/on-line/proceedings.htm
- Proceeding of the National Academy Sciences - http://www.pnas.org/

ONLINE DATABASES
- 9 Free Interactive Engineering and Science References - http://www.info.knovel.com/essentials
- Abstrak Karya Ilmiah/Penelitian UGM - http://lib.ugm.ac.id/digitasi/
- Almisbah -- a database providing access to selected Internet resources on the Middle East and on Islam respectively - http://ssgdoc.bibliothek.uni-halle.de/vlib/html/index.html
- American Chemical Society Publication - http://pubs.acs.org/
- AQUASTAT - FAO's Information System of Water and Agriculture - http://www.fao.org/ag/agl/aglw/aquastat/dbase/index2.jsp
- EBSCO – Harus Berlangganan - http://search.ebscohost.com/
- EOL Ethnomusicology Online - http://research.umbc.edu/eol/eol.html
- ERIC Databases - Free Access (Effective Oct 2004) - http://www.eric.ed.gov/
- GPO: U.S. Government Printing Office - http://www.gpo.gov/
- HighWire Free Online Full-Text Articles - http://highwire.stanford.edu/lists/freeart.dtl
- Hymenoptera Online Database - http://iris.biosci.ohio-state.edu/hymenoptera/hym_db.html
- IDRC Books Free - http://web.idrc.ca/en/ev-23360-201-1-DO_TOPIC.html
- IEEE Computer Society - Harus berlangganan - http://search2.computer.org/advanced/simplesearch.jsp
- IEEE Explore - http://ieeexplore.ieee.org/
- The New York Public Library Digital Gallery - http://digitalgallery.nypl.org/nypldigital/index.cfm
- NIST Online Database - http://www.nist.gov/srd/onlinelist.htm
- Online Sage Publication Database - http://online.sagepub.com/
- POIESIS -- Philosophy Documentation Center - http://www.pdcnet.org/
- Science Direct – Harus Berlangganan - http://www.sciencedirect.com/
- Search ERIC - http://searcheric.org/
- POW/MIA Database and Document - http://www.loc.gov/rr/frd/powmia-home.html
- ProQuest – Harus berlangganan – http://proquest.umi.com/login / http://www.proquest.com/pqweb
- Search Engines for Digital Libraries - http://drtc.isibang.ac.in/sdl/
- Victorian Database Online -- Books, Article & Disertation Abstract - http://www.victoriandatabase.com/default.cfm
- World Bank Online Database & Statistic - http://www.worldbank.org/data/onlinedatabases/onlinedatabases.html
- CNEN/CIN - LivRe! - livre.cnen.gov.br--> Portal to free journals on the Internet: Nuclear Information Center (Brazil) maintains a portal to easy the identification and access to free journals available on the Internet. It is the Portal LivRe! (Free!), nowadays registering 2,525 free journals. - http://livre.cnen.gov.br/
- Fulltext Journal by Subject from University Library of Regensburg - http://rzblx1.uni-regensburg.de/ezeit/fl.phtml?bibid=AAAAA&colors=7&lang=en
- Free-Text Search on Chinese ERIC Abstracts using GAIS - http://www.fed.cuhk.edu.hk/en/gsearch.phtml

DISERTASI / THESIS
• ADT - Australian Digital Theses Program - http://adt.caul.edu.au/
• Centre National de la Recherche Scientifique - http://tel.ccsd.cnrs.fr/perl/searchml?LANG=en
• Florida State University - http://etd.lib.fsu.edu/ETD-db/ETD-browse/browse?
• Georgia Institute of Technology - http://etd.gatech.edu/ETD-db/ETD-browse/browse?first_letter=B
• The Göttingen State and University - Mathematical dissertations - http://mathdiss.mathguide.de/index.html
• Helsinki University of Technology - http://lib.tkk.fi/Diss
• International Institute for Geo-Information Science and Earth Observation - http://www.itc.nl/library/academic_output/default.asp
• Swiss Federal Institute of Technology Zurich - Doctoral Theses - http://e-collection.ethbib.ethz.ch/diss/index_e.html
• Dissertations of the University of Groningen - http://dissertations.ub.rug.nl/
• University of Illinois at Urbana-Champaign - Prof. Carl A. Gunter - Dept. of Computer Science - http://www-faculty.cs.uiuc.edu/~cgunter
• UniversitĂ© Laval - http://www.theses.ulaval.ca/
• The University of Maine - http://www.library.umaine.edu/theses
• The University of Nottingham - Nottingham eTheses - http://etheses.nottingham.ac.uk/
• The University of Oklahoma - College of Engineering - http://mpge.ou.edu/research/thesis.html
• University of Wisconsin-Stout - http://www.uwstout.edu/lib/
• Wageningen University - Full text dissertations - http://www.gcw.nl/dissertations
DIGITAL LIBRARY
• Kentuckiana Digital Library - kdl.kyvl.org
• Ganesha Digital Library - digilib.itb.ac.id
• NYPL Digital Library - www.nypl.org/digital/index.htm
• ACM Digital Library - portal.acm.org/dl.cfm?coll
• International Islamic Digital Library - www.iidl.net
• International Children's Digital Library - www.icdlbooks.org
• Perseus Digital Library - www.perseus.tufts.edu
• California Digital Library - californiadigitallibrary.org
• Berkeley Digital Library SunSITE - sunsite.berkeley.edu
• Cornell University Library - Digital Collections - cdl.library.cornell.edu
• Alexandria Digital Library Projects - www.alexandria.ucsb.edu
SEARCH ENGINES
- Allsearchengines - http://www.allserachengines.com/
- Alltheweb - http://www.alltheweb.com/
- Altavista – http://www.altavista.com/
- Ask Jeeves - searches with type in a question using natural language – www.ask.com
- Clusty - searches a number of search engines and directory, not google and yahoo – http://www.clusty.com/
- Copernic - http://www.copernic.com/
- Dogpile - searches Google, Yahoo, Looksmart, Askjeeves/Teoma, MSN search – http://www.dogpile.com
- Excite - http://www.excite.com/
- Freefind – http://www.freefind.com/
- Google - a greater database of sites ranked by robot-machines. – http://www.google.com/
- Google Scholar – http://scholar.google.com/
- Gosearch - http://www.go.com/
- Healthatoz – http://www.healthatoz.com/
- Kartoo - searches with refine search results by clicking on icons representing subtopics or aspects of topics – http://www.kartoo.com/
- Looksmart – http://www.looksmart.com/
- Lycos - http://www.lycos.com/
- Mamma - http://www.mamma.com/
- Metacrawler – http://www.metacrawler.com/
- MSN – http://search.msn.com/
- Scrubtheweb – http://www.scrubtheweb.com/
- Search – http://www.search.com/
- Searchenginewatch – http://www.searchenginewatch.com
- Teoma – http://www.teoma.com
- Vivisimo: searches may be refined by clicking on subtopics graphically represented as folders – http://www.vivisimo.com
DIRECTORY
• DIRECTORY.GOOGLE.COM: about 4 million web pages, selected by the Open Directory with widely covered topics
• YAHOO.COM: about 2 million webpages with scarce descriptions and annotation
• LIBRARIANS' Index - WWW.LII.ORG: cover 16.000 sites compiled by librarians in information supply business
• INFOMINE.UCR.EDU: over 120.000 web pages that compiled by university and college-level, academic librarians of the UC campuses
• ACADEMICINFO.NET: rich selection about 25.000 pages for undergraduate level or above
• ABOUT.COM: over 2 million by "guides" with various levels of expertise
• UC BERKELEY Internet Resources - sunsite2.berkeley.edu: Many links to resource for academic disciplines selected by UC Berkeley Library Subject-Specialist
• Internet Scout Report Archives - cout.cs.wisc.edu/archives
• BRITANNICA's Best Sites - www.britannica.com: Selected Sites by Britannica
• BUBL link - www.bubl.ac.uk/link/: Large Subject Directory in British Focus that covering many academic topics
• Martindale's Reference Desk - www-sci.lib.uci.edu:80/HSG/HSGuide.html: Multimedia Research Collection in health science
• Prices's List of Lists - www.freepint.com/gary/listof.htm: Trivial Lists and Statistics
• CMC Information Sources - www.december.com/CMC/info/: a colllection in computers, the internet, communications technology including journals
• Virtual Library - www.vlib.org: Many subject in academic topics
• SUITE101.COM: Portal type directory built by over 1.000 colunteer experts

Tidak ada komentar: